- komunikasi bisnis yang efektif : pusat dari sebagian besar dalam aspek bisnis karena komunikasi lah yang menghubungkan perusahaan dengan stakeholdernya (pelanggan-karyawan-pemilih saham-pemasok-tetangga-komunitas-negara)
- melalui komunikasi yang kuat maka anada dapat meningkatkan efisien dan kualitas serta memberikan renspon atau inovasi
- jika komunikasi ini gagal maka kita sudah melakukan hal yang buruk yaitu membuang-buang waktu dan mendapatkan biaya yang mahal
- pada setiapkarier untuk menuju kesuksesan satu jalannya adalah dengan komunikasi. pada kenyataanya seorang manager mampu menghabiskan waktu 85% untuk melakukan komunikasi
- komunikasi yang efektif
- pemecahan masalah lebih cepat
- pengambilan keputusan lebih mantap
- hasil produktivitas meningkat
- arus kerja semakin mantap
- hubungan bisnia erat
- bahan promosi lebih keras
- menaikan reputasi citra profesionalitas
- renspon dari stakeholdernya pun meningkat
B. 5 karakteristik komunikasi bisnis yang efektif
- sedikan informasi yang praktis
- berikanlah fakta bukan kesan
- perjelas dan padartkan informasi
- nyatakan tanggung jawab dengan tepat
- bujuk orang lain dan tawarkan rekomendasi
C. Proses komunikasi bisnis :
- pengirim melikiki ide untuk di sampaikan kedapa penerima
- pengirim menyajikan idenya dalam suatu bentuk kepada penerima
- pengririm meberikan pesan
- penerima memahami pesa
- penerima mengartikan pesa
- penerima melakukan umpan balik
- umpan balik harus di sandingkan atu di kirim kan
- globalisasi bisnis dan aneka ragam angkatan kerja
- meningkatnya nilai informasi
- tingkat resapan teknologi
- timbulnya ketergantungan untuku bekerja tim
- evolusi struktur organisasi
- hambatan-hambatn efektif
- meminimumkan gangguan kerja
- mengadopsi pendekatan yang bersumber pada penerima
- menyesuaikan keterampilan komunikasi bisnis anda
- memberi dan merenspon umpan balik kuntruktif
- sensitif terhadap etika bisnis
- penggunaan tekkom di kamtor
laptop, jaringan nirkabel, follow my phone-voice mall, intranet, infokus - penggunaan tekkom di tempat terpencil
wall display-pena virtual, video phone, web based meetings, shared workspace, video receting - penggunaan tekkom di produk dan jasa
gudang barcode, gudang nirkabel, power pad-menelusuri paket, extranet - penggunaan dengan pelanggan
over the shoulder space, helping call, online shop, cooperate blog
- jangan menggunakan tekkom dengan salah karena yang akan terjadi adalah kekacauan bukannya kelancaran
- karenanya hal yang harus di lakukan adalah :
1) menajaga tekkom dengan perspektif
2) menggunakan tekkon yang produktif
3) menggunakan uang dan waktu untuk tekkom dengan bijaksana
4) selalu berhubungan kembali dengan pelanggan
nice, sangat membantu
BalasHapus.
BalasHapus