Minggu, 31 Juli 2011

komunikasi bisnis yang efektif

A. Mencapai kesuksesan selalu dengan komunikasi bisnis yang efektif
  1. komunikasi bisnis yang efektif : pusat dari sebagian besar dalam aspek bisnis karena komunikasi lah yang menghubungkan perusahaan dengan stakeholdernya (pelanggan-karyawan-pemilih saham-pemasok-tetangga-komunitas-negara)
  2. melalui komunikasi yang kuat maka anada dapat meningkatkan efisien dan kualitas serta memberikan renspon atau inovasi
  3. jika komunikasi ini gagal maka kita sudah melakukan hal yang buruk yaitu membuang-buang waktu dan mendapatkan biaya yang mahal
  4. pada setiapkarier untuk menuju kesuksesan satu jalannya adalah dengan komunikasi. pada kenyataanya seorang manager mampu menghabiskan waktu 85% untuk melakukan komunikasi
  • komunikasi yang efektif
  1. pemecahan masalah lebih cepat
  2. pengambilan keputusan lebih mantap
  3. hasil produktivitas meningkat
  4. arus kerja semakin mantap
  5. hubungan bisnia erat
  6. bahan promosi lebih keras
  7. menaikan reputasi citra profesionalitas
  8. renspon dari stakeholdernya pun meningkat
B. 5 karakteristik komunikasi bisnis yang efektif
  1. sedikan informasi yang praktis
  2. berikanlah fakta bukan kesan
  3. perjelas dan padartkan informasi
  4. nyatakan tanggung jawab dengan tepat
  5. bujuk orang lain dan tawarkan rekomendasi 
seorang manager dari proyek nasa di space flight center menyatakan bahwa "pengetahuan akan menjadi kekuatan akan tetapi keterampilan dalam berkomunikasi bisnis adalah dasar untuk menjalin hubungan yang baik dengan klien. jadi kalaupun kita mempunyai ide yang sangat briliant tapi kita tidak bisa menyampaikannya denga baik, maka hasilnya adalah percuma.

C. Proses komunikasi bisnis :
  1. pengirim melikiki ide untuk di sampaikan kedapa penerima
  2. pengirim menyajikan idenya dalam suatu bentuk kepada penerima
  3. pengririm meberikan pesan
  4. penerima memahami pesa
  5. penerima mengartikan pesa
  6. penerima melakukan umpan balik
  7. umpan balik harus di sandingkan atu di kirim kan
D. Mengapa komunikasi bisnis itu unik ?
  1. globalisasi bisnis dan aneka ragam angkatan kerja
  2. meningkatnya nilai informasi
  3. tingkat resapan teknologi
  4. timbulnya ketergantungan untuku bekerja tim
  5. evolusi struktur organisasi
  6. hambatan-hambatn efektif
E. 5 strategi komunikasi bisnis yang efektif di tempat kerja
  1. meminimumkan gangguan kerja
  2. mengadopsi pendekatan yang bersumber pada penerima
  3. menyesuaikan keterampilan komunikasi bisnis anda
  4. memberi dan merenspon umpan balik kuntruktif
  5. sensitif terhadap etika bisnis
F. penggunaan teknologi dan komunikasi untuk memperbaiki komunikais bisnis
  1. penggunaan tekkom di kamtor
    laptop, jaringan nirkabel, follow my phone-voice mall, intranet, infokus
  2. penggunaan tekkom di tempat terpencil
    wall display-pena virtual, video phone, web based meetings, shared workspace, video receting
  3. penggunaan tekkom di produk dan jasa
    gudang barcode, gudang nirkabel, power pad-menelusuri paket, extranet
  4. penggunaan dengan pelanggan
    over the shoulder space, helping call, online shop, cooperate blog
G. strategi efektivitas komunikais bisnis yang efektif
  1. jangan menggunakan tekkom dengan salah karena yang akan terjadi adalah kekacauan bukannya kelancaran
  2. karenanya hal yang harus di lakukan adalah :
    1) menajaga tekkom dengan perspektif
    2) menggunakan tekkon yang produktif
    3) menggunakan uang dan waktu untuk tekkom dengan bijaksana
    4) selalu berhubungan kembali dengan pelanggan

2 komentar: