Minggu, 31 Juli 2011

Pengantar Komunikasi

Pengantar komunikasi
  •  Wilbur Schramm " komunikasi sebagai suatu proses berbagai (sharring process)
  • Jika kita sedang berkomunikasi,, berarti kita sedang menumbuhkan suatu kebersamaan dengan seseorang membagi informasi
  • Unsur-unsur komunikasi :
    1) komunikasi / penyebaran pesan (ethoscomn)
    2) pesan
    3) komunikasi / penerimaan pesan
  • Harold D. Laswell "komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa?, dengan cara apa?, kepada siapa dengan efek apa ?"
  • Carld I Houvland "komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator mengoperkan stimulan, biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal / non verbal) untuk mengubah tingkah laku
  • 3 pengertian :
    1) etomologis, asala bahasa latin : common / umum/ bersama
    2) terminologis, komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain
    3) paradigmatis, komunikasi berarti pola yang meliputi sejumlah komponen berkorelasi satu sama lain sacara fungsional untuk mencapai tujuan tertentu : ceramah, diplomasi, kuliah media cetak, media massa
Teori komunikasi bisnis :
  • The bullet theory (teori peluru)
  • The hypodermic needle theory (teori jarum suntik)

5 komponen dalam komunikasi bisnis
  1. who
  2. say what
  3. in which channel
  4. whom
  5. what efek
Dampak atau efek dari komunikasi bisnis :
    • aspek kognitif
      Pola : ceramah, kuliah, rapat, penerangan
      fungsi : untuk menjelaskan lagi hal yang kurang di pahami sangat dapat di pahami
    • aspek afektif
      pola : penataran dan media massa
      fungsi : menumbuhkan perasaan sehingga dapat dengan mudah memahani
    • aspek konitif
      pola : penyuluhan, kampanye
      fungsi : untuk mengubah sikapa menjadi sikap yang diinginkan
Sasaran komunikasi :
Tujuan dari komunikasi itu sendiri adalah untuk memberi informasi, mendidik, dan menghibur serta meningkatkan kognitif, afektif dan konitif
Sasaran komunikasi ada :
1) kepada siapa yang dituju komunikasi tersebut
2) bagaimana efek dari komunikasi tersebut
yang dimana efek dari komunikasinya ada dua yaitu :
  •  efek komsumtif (langsung dirasakan dampaknya)
  • efek instrumental (tidak langsung dirasakan oleh komunikator)
 Gangguan komunikasi :
kecenderungan komunikasi itu cuek, meremehkan, salah persepsi dan tidak menjaga dengan betul apa yang di sampaikan oleh komunikator.
  1. Selektive attention : orang yang cenderung mengekpos dirinya untuk hal yang di kehendakinya
  2. Selektive preception : erat kecenderungannya dengan cara berfikir yang stereotin
  3. Selektive recention : komunikan yang hanya mau mengingat, apa yang dia inginkan untuk di ingat
Hambatan komunikasi
  • komunikator
    hambatan sosiologis, hambatan antropologis (gamein schaft:pribadi, statis, tidak masuk akal, gesell schaft:umum,dinamis, dan masuk akal), hambatan psikologis
  • komunikan
    hambatan semantis, hambatan mekanis, hambatan ekologis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar